Kamis, 19 Maret 2015

hukum berpacaran dalam islam

Assalamualaikum sister akhwat dan brother ikhwan...
mo share lagi nih..
menuhin notif kaga apa apa ya?


hahaha
kelucuan bisa datang dimana aja yah? lagi-lagi saya dapet ilham buat nulis share ini di warnet. critanya saya ke warnet tu buat nyari gambar buat tugas seni saya! kalo warnet kan siapa aja boleh masuk pan? pas saya masuk, saya liat (lagi lagi) anak tetangga(tapi beda sama share yang sebelumnya) lagi ol FB. dan lagi lagi juga dia manggil temennya yang ada di sebelah. Bukan penting bukan sulap, dia manggil temennya cuma mo pamer photo temen cowo nya yang ganteng(katanya itu juga. wallahualam bener apa engga nya ma, orang saya gak liat juga kan?. hahahah) trus dia ngomong.."ih, ganteng banget ya cowo ni, gila"(sambil ngeluarin ekspresi wajag yang alay. gak tau girang g tau tepar tu anak) mungkin, sangka dia, temennya tu bakal ngasih pendapat yang sama sama apa yang dia omongin, eh ternyata temennya tu ngomong gini.."naon sih? sok riweuh mun masalah lalaki ma si teteh mah!"
ahahahah
disitu saya ketawa....

lagi lagi saya mikir. si anak tetangga itu usianya sekitar beda setaun ama saya(muda die) tapi kegokilan dia sama yang namanya lawan jenis tu lebih parah. temen sendirinya aja ampe ngomong gitu....

saya mikir buat yang kedua kalinya! apa brother ikhwan ama sister akhwat kalo liat lawan jenis yang KINCLONG suka kaya gitu juga?

memang untuk saat ini, pacaran kayanya udah menjadi lifestyle apa lgi di kalanha remaja kaya kita. Trus banyak yang memperdebatkan.."apakah menyatakan cinta pada lawan jenis itu hukumnya haram?"
Tentu tidak, karena rasa cinta adalah fitrah
yang diberikan allah, sebagaimana dalam firman-Nya berikut:
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan
untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung
dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa
kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar
terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rum: 21)

tapi, untuk dikatakan sebagai boleh pacaran tu ada beberapa syarat! contoh...

1. Tidak melakukan perbuatan yang dapat mengarahkan kepada zina
Allah SWT berfirman, "Dan janganlah kamu mendekati zina:
sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu
jalan yang buruk." (QS. Al-Isra: 32) Maksud ayat ini, janganlah kamu
melakukan perbuatan-perbuatan yang bisa menjerumuskan kamu pada
perbuatan zina.
perbuatan zina tu gak hanya melakukan "ehem" tapi menatap memakai hasrat aja itu udah termsauk zina sob...


2. Tidak menyentuh perempuan yang bukan mahramnya
Rasulullah SAW bersabda, "Lebih baik memegang besi yang panas
daripada memegang atau meraba perempuan yang bukan istrinya (kalau
ia tahu akan berat siksaannya). "
jelas sob...
itu juga ada kaitannya ama yang diatas....


3. Tidak berduaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya
Dilarang laki dan perempuan yang bukan mahramnya untuk berdua-duan.
Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir,
maka jangan sekali-kali dia bersendirian dengan seorang perempuan
yang tidak mahramnya, karena ketiganya adalah setan." (HR. Ahmad)
nah sob...
ini juga gak kalah penting. banyak orang yang menyalah artikan "kalo ada yang berduaan, jangan ikut nimbrung, ntar kalo lu ikut nimbrung kan lu jadi orang ketiga, ntar lu setannya SEEETTTAN..." hahaha
ntu salah tuh, maksudnya syarat yang ke tiga tuh kta gak boleh beduaan ama lawan jenis sob, kalo pun kita mau jalan ama pacar, harus ada yang ngawasin biar kita gak "kebablasan" sobb....


4. Harus menjaga mata atau pandangan
Sebab mata kuncinya hati. Dan pandangan itu pengutus fitnah yang
sering membawa kepada perbuatan zina. Oleh karena itu Allah
berfirman, "Katakanlah kepada laki-laki mukmin hendaklah mereka
memalingkan pandangan (dari yang haram) dan menjaga kehormatan
mereka.....Dan katakanlah kepada kaum wanita hendaklah mereka
meredupkan mata mereka dari yang haram dan menjaga kehormatan
mereka..." (QS. An-Nur: 30-31)
Yang dimaksudkan menundukkan pandangan yaitu menjaga pandangan,
tidak melepaskan pandangan begitu saja apalagi memandangi lawan
jenis penuh dengan gelora nafsu.
nah sob..
ni yang tentang berpandangan dengan nafsu te sob...
kaya crita yang diatas tadi, die liat gambar aja ampe kegirangan gitu, apa lagi aslinya? ia pan?
astaghfirullahaladzim...


5. Menutup aurat
Diwajibkan pada sister akhwat untuk menjaga aurat dan dilarang
memakai pakaian yang mempertontonkan bentuk tubuhnya, kecuali untuk
suaminya. Dalam hadis dikatakan bahwa sister akhwat yang keluar rumah
dengan berpakaian yang mempertontonkan lekuk tubuh, memakai minyak
wangi yang baunya semerbak, memakai "make up" dan sebagainya setiap
langkahnya dikutuk oleh para Malaikat, dan setiap laki-laki yang
memandangnya sama dengan berzina dengannya. Di hari kiamat nanti
perempuan seperti itu tidak akan mencium baunya surga (apa lagi
masuk surga)
nah sob...
jaga body tu ternyata gak cuma jaga aurat aja biar gak kliatan ama lawan jenis trus gak di laknat atau dibenci Allah, ternyata pake parfum ampe 2 botol trus yang nyiumnya ampe klenger juga termasuk dosa sob..


Selagi syarat syarat di atas gak dilanggar, maka pacaran hukumnya boleh.
Tapi persoalannya mungkinkah pacaran tanpa berpandang-pandanga n,
berpegangan, bercanda ria, berciuman, dan lain sebagainy? assallamu`allaikumsallam wr wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar